When Bloggers and Mailisters Collide @ PUSPIPTEK

Acara When Bloggers and Mailisters Collide, diadakan di Pupiptek, tangerang, pada tanggal 2 Mei 2009. Dimulai dengan mengunjungi kebun tanaman seantero nusantara, isi nya macem2 pohon…hehehe ada pohon jengkol juga loh.

050209103158

050209103218

kemudian diikuti dengan pembukaan kopdar yang dibuka oleh Menristek sendiri Bpk. Kusmayanto Kadiman.

Pada kesempatan ini, Pak Onno memberikan pencerahan mengenai pengaplikasian WiMax yang dibarengi dengan video conference dengan salah seorang dari Ristek (klo ga salah dengar namanya Bpk. Hariyanto Sahar) yang menerangkan pengembangan WiMax di Puspiptek.

Aplikasi kedua diperlihatkan pada layar (broadcasting lwt internet/ mutlicast) dan base station dari Wimax yang dipasangkan beberapa client. Sebagai info, utube itu menggunakan teknologi unicast. Perhaps i will explain about multicast and unicast in another entry.

Multicast, channel nya adalah IP address, jadi jika yang melihat seandainya ada 1 juta client maka bandwith yang digunakan tetep satu. Namun kata pak onno, teknologi mulicast pada internet itu jarang ada yang memakai, dan saya ga bisa tangkep kenapa beliau bilang begitu… nanti InsyaAllah saya coba cari tanya om google.

Kita disini juga mengecek bandwith yang dimakan untuk streaming 3 Mbps, sedangkan untuk video conference 500 Kbps namun mampu sampai dengan 1 MB.

Aplikasi lain yang diperlihatkan adalah telepon, dengan aplikasi dengan nama “NGN” atau Next Generation Network, kabar bagus nya aplikasi ini adalah salah satu aplikasi Open Source (http://www.briker.org/), jd bisa diunduh langsung looooochh gratis ga perlu cari crack-an, dan udah ada dokumentasinya…. hehehe that’s what i like from open source…

Kembali ke topik,
handphone diatas sudah ada video phone, masalah paling besar adalah ini adalah IP Phone… VOIP gitu dech….

Pak onno juga memperlihatkan konfigurasi alat-alatnya dengan menggunakan Linux. Pertama-tama konfigurasi sentral teleponnya…. haduh maap ga keliatan layarnya, maklum saya degradasi-in minus kacamata saya… soo… saya ga bisa tulis disini mengenai konfigurasi ini.

Konfigurasi yang aga sulit adalah di konfigurasi quality of service… hehehe itu pak onno yang bilang ya… so kebayang dong susahnya gimana….terutama buat yang masih belajar kyk saya.

Advertisements

3 responses to this post.

  1. Hebat mbak, anda penulis blog pertama yang melaporkan acara ini, lebih cepat dari rekan-2 di RISTEK yang biasanya kalau bikin acara langsung di klip di ristek.go.id.

    Reply

  2. Posted by rosa lina on May 4, 2009 at 1:55 am

    Kebetulan aja, koneksi internet disana kenceng dahsyat, jd saya lgnsung aja nulis diblog ini dari pada bengong2 ga jelas…. hehehe

    Reply

  3. […] ternyata si bapak itu TERNYATA pernah ngikutin satu acara yang sama dengan gw…. yang di puspiptek itu…. Fuuuh…. dunia ini ternyata emang kecil […]

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: